Selasa, 30 April 2013

Tentang Teknologi Cloud Computing

Tentang Teknologi Cloud Computing


Apa itu cloud computing? Apa definisi cloud computing? Ya, untuk kalangan teknologist-teknologist atau para pengembang aplikasi saat ini teknologi cloud computing memang sedang hangat dibicarakan. Karena dengan konsep cloud computing, kita tidak perlu berinvestasi terlalu banyak jika kita akan mengembangkan suatu aplikasi, karena semuanya bisa dibayar sesuai kebutuhan. Enteng bukan? :)
Mungkin sebagian dari kita ada yang bertanya, apa sih pengertian cloud computing itu? Untuk mempermudah pemahaman, bayangkan saja listrik di rumah kita. Untuk menikmatinya, kita ngga perlu membangun pembangkit listrik sendiri kan? Kita bisa menikmatinya dengan mudah dengan hanya mendaftar ke PLN untuk instalasi listrik ke rumah kita, dan membayar iuran listrik per bulannya sesuai dengan pemakaian listrik tersebut. Nah, kira-kira begitulah gambaran singkat tentang cloud computing. Jadi kita tidak perlu berinvestasi besar-besaran untuk membangun server, listrik, ruang server (colocation), storeage, software, atau biaya-biaya lain terkait dengan pengelolaan infrastruktur IT lainnya. Kita tinggal bayar sesuai dengan pemakaian kita, atau bisa dibilang semacam biaya sewa begitulah. Bahkan kita juga bisa menaikkan atau menurunkan spesifikasi infrastruktur tadi semau kita. Misal, hari ini kita akan launch start up kita, atau sedang ada promo terhadap produk kita, yang kita prediksi mungkin pengunjung website kita akan membludak, maka kita bisa dengan mudah meng-setup lebih banyak storage atau processor untuk hari ini saja. Dan jika besok promo berakhir, maka tinggal kita kurangi lagi saja penambahan-penambahan itu tadi menjadi seperti semula. Dengan begitu akan lebih efisien dan low cost bukan :)
Grabbed from http://www.winky.net/
Di luar negeri sekarang ini sudah banyak pengembang aplikasi (application developer) yang memanfaatkan teknologi ini, contohnya facebook, amazon, googleApps, dll. Karena dengan memanfaatkan teknologi ini, mereka tidak perlu khawatir tentang keterbatasan infrastruktur. Jadi jika hari ini aplikasi mereka dipakai 10 user, dan minggu depan jadi 10juta user, mereka ga perlu panik. Asal kuat mbayar :D
Oke guys, mungkin cukup sekian dulu sharing kita tentang sekilas teknologi cloud computing ini. Untuk berikutnya, kita akan bahas ke hal yang lebih teknis lagi. Mari kita belajar bareng tentang teknologi cloud computing disini :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar